Bursa Transfer Pemain Liverpool Januari 2016

Hasil-hasil tak maksimal belakangan ini dinilai menunjukkan betapa butuhnya Liverpool akan pemain-pemain bertipe petarung. Bursa transfer Januari diharapkan bisa jadi jalan keluar.

Liverpool sudah tanpa kemenangan di empat laga terakhir di berbagai ajang. Mereka memetik hasil imbang dan kalah masing-masing dua kali di rentang tersebut.

Laga terakhir mereka berakhir dengan kekalahan, kala digebuk Watford 0-3, Minggu (20/12/2015) kemarin. Saat itu mereka sudah langsung tertinggal di menit ketiga, lantas dihukum dua gol lain masing-masing di menit ke-15 dan 85.

Eks penyerang Liverpool John Aldridge menilai hasil buruk itu tak terlepas dari minimnya pemain berjiwa petarung di skuat Juergen Klopp saat ini. Dengan begitu, mereka kerap kalah dalam duel-duel individu.

Statistik menunjukkan Watford mencatatkan 28 tekel di laga kemarin, sementara Liverpool cuma 19. Banyaknya tekel yang dilakukan Watford membuat Liverpool pun kerap kehilangan bola, tercatat 22 kali berbanding hanya 13 milik tuan rumah.

Melihat hal ini, Aldridge yakin Liverpool harus berbelanja di bursa transfer Januari nanti, untuk mendatangkan pemain-pemain yang tangguh dalam duel-duel individu.

“Tidak ada keraguan bahwa skuat Liverpool perlu penguatan di Januari nanti. Kami perlu lebih banyak petarung karena kami kalah dalam duel-duel. Itu terjadi saat melawan West Brom dan terjadi lagi saat menghadapi Watford,” ungkapnya dalam kolom di Sabung Ayam Online.

“Seperti ungkapan lama, Anda perlu memenangi pertarungan individu dulu baru kualitasnya akan tampak. Kami gagal memenangi pertarungan-pertarungan itu di Vicarage Road.”

“Dalam hal posisi-posisi yang perlu pembelian, Anda bisa melihat tepat sepanjang punggung tim: bek tengah, gelandang tengah, dan penyerang,” tandasnya.

Liverpool sendiri belakangan dikaitkan dengan pembelian gelandang muda Serbia Marko Grujic dari Red Star Beograd. Grujic sendiri merupakan pemain yang disebut-sebut bertipe box-to-box dengan tinggi badan 1,91 meter, sehingga punya keunggulan fisik yang menunjang dalam duel-duel.

Satu pemain lain yang dihubung-hubungkan dengan ‘Si Merah’ adalah penggawa Borussia Dortmund Ilkay Guendogan, yang juga berposisi gelandang. Meski demikian, Klopp sebelumnya sudah mengindikasikan tak akan terlalu ngotot melakukan perubahan tim di Januari ini.