Vincent Kompany Absen, Manchester City Rapuh

Ketiadaan Vincent Kompany di atas lapangan rupanya berdampak besar pada penampilan lini belakang Manchester City. Tanpa Kompany, City mudah dibobol lawan-lawannya.

Musim ini, Kompany memang tidak bisa selalu tampil untuk City. Bek internasional Belgia itu diganggu cedera pada betisnya dan harus beberapa kali absen. Di Premier League musim ini, Kompany baru tampil delapan kali. Secara keseluruhan, kapten City itu baru bermain 11 kali di semua kompetisi.

Tanpa Kompany, City mengandalkan Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, dan Martin Demichelis untuk mengisi posisi bek tengah. Namun performa ketiga pemain tersebut tak mampu menutup absennya Kompany.

Ada catatan statistik yang cukup mencolok terkait lini pertahanan City dengan dan tanpa Kompany. Bersama Kompany, gawang City sangat sulit dibobol oleh lawan-lawannya. Sementara saat Kompany absen, lini belakang City amat rapuh.

Dalam delapan pertandingan di Premier League di mana Kompany tampil, City cuma kebobolan satu gol. Sementara dalam sembilan pertandingan lainnya di liga saat Kompany absen, City kemasukan 18 gol. Terakhir, City kebobolan dua gol saat takluk 1-2 di kandang Arsenal, Selasa (22/12/2015) dinihari WIB.

Melihat rapuhnya lini belakang City saat ini, Manuel Pellegrini berharap Kompany akan segera pulih. Kembalinya Kompany dan sejumah pemain kunci lainnya dari cedera dinilai Pellegrini akan membantu City untuk menjaga daya saingnya di jalur juara.

“Kami harus memperbaikinya karena kami kebobolan terlalu banyak gol. Kami harap Vincent akan segera kembali,” ujar Pellegrini seperti dikutip Daftar Casino Online.

“Jika kami punya Vincent, David (Silva), dan Sergio (Aguero) bermain normal setiap pekan maka saya kira kami akan terus menjadi tim penting dalam pertarungan menuju gelar juara,” imbuhnya.

Kekalahan dari Arsenal membuat City terpaku di peringkat ketiga klasemen dengan 32 poin. The Citizens kini tertinggal empat poin dari Arsenal dan enam poin dari Leicester City.